• MI ROUDLOTUL HAMDI REMBANG
  • MADRASAH BERKARAKTER, BERIMAN, BERAKHLAK DAN BERPRESTASI

Visi dan Misi MI. ROUDLOTUL HAMDI

VISI, MISI, DAN TUJUAN

DAN PROGRAM PRIORITAS/KEUNGGULAN MADRASAH

Undang–Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan Pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan manusia Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan mempunyai budi pekerti yang luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani, dan jasmani, keterampilan dan pengetahuan, dan mempunyai rasa tanggung jawab untuk bangsa dan bermasyarakat.

 1. Visi Madrasah

Visi

   “TERWUJUDNYA GENERASI YANG UNGGUL, BERPRESTASI, ISLAMI, DISIPLIN DAN PEDULI”.

       Indikator Visi :

 BERPRESTASI

  • Generasi yang mampu bersaing dalam tingkat daerah maupun nasional
  • Genarasi yang hafal surat-surat pendek dan surat pilihan
  • Terampil dalam pidato 3 bahasa
  • Unggul dalam berkompetesi akademik dan non akademik

ISLAMI :

  • Berakhlaqul Karimah
  • Hafal dan fasih bacaan shalat, gerakan shalat, dan keserasian gerakan dan bacaan. do’a setelah shalat
  • Hafal dan fasih do’a-doa harian muslim.
  • Tertib menjalankan salat fardhu dan salat sunah rowatib
  • Memberikan infaq dan shadaqah
  • Mengikuti acara hari besar Islam
  • Mengucapkan salam dan kalimah toyibah
  • Memulai dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa
  • Membaca al-Qur’an setelah salat

DISIPLIN:

  • Masuk ke madrasah dan Pulang dari madrasah tepat waktu
  • Mengerjakan tugas tepat waktu
  • Melaksanakan tata tertib madrasah
  • Merawat dan Menggunakan peralatan madrasah dengan baik

 PEDULI

Peduli Lingkungan:

Mencegah terjadinya pencemaran lingkungan:

  • Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
  • Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam dan di luar
  • Tersedianya Sanitasi yang baik
  • Membuang sampah di tempat sampah
  • Memelihara lingkungan kelas
  • Membuat program cinta bersih lingkungan.

Peduli Sosial:

  • Memberikan sebagian uang jajan untuk infaq jumat beramal
  • Memberikan pinjaman alat tulis kepada teman yang membutuhkan
  • Menjenguk orang sakit
  • Berta’ziyah kepada keluarga madrasah yang meninggal
  • Memberikan santunan yatim
  • Memberikan sumbangan PMI

2. Misi

  1. Melaksanakan pembelajaran profesional dan bermakna dengan pendekatan PAKEM yang dapat menumbuh kembangkan potensi peserta didik secara maksimal dengan landasan Islami, dsiplin, dan peduli.
  2. Melaksanakan program bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki agar menjadi insan yang Islami, dsiplin, dan peduli.
  3. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan siswa terhadap ajaran agama Islam serta mengembangkan pembiasaan  yang Islami,  disiplin,  dan peduli
  4. Menumbuhkan dan mengembangkan pembiasaan Islami, disiplin,  dan peduli di lingkungan madrasah.
  5. Melaksanakan pengelolaan madrasah dengan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan kelompok kepentingan dengan landasan nilai Islami, dsiplin, dan peduli.
  6. Melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler melalui kegiatan unit pengembangan bakat dan minat secara efektif sesuai bakat dan minat sehingga setiap siswa memiliki keunggulan dalam berbagai lomba non akademik dengan landasan nilai Islami, dsiplin, dan peduli .
  7. Melaksanakan Pembelajaran yang ramah lingkungan melalui kegiatan yang mengarah pada upaya pencegahan terhadap terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan serta upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup secara integratif di dalam kegiatan intra dan ekstra

Melaksanakan pembelajaran yang dapat mengembangkan kepedulian sosial warga madrasah dengan landasan nilai Islami, dsiplin, dan peduli.

 TUJUAN MADRASAH

  1. Tujuan Madrasah (Umum)

Dengan visi dan misi yang telah ditetapkan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan, tujuan yang diharapkan adalah:

    1. Mengupayakan pemenuhan sarana yang vital dalam mendukung terciptanya sistem pendidikan yang berorientasi madrasah literasi ;
    2. Menjadikan kegiatan extrakurikuler sebagai sarana menjadikan anak didik agar lebih terlatih dan terbiasa dalam menghadapi sebuah permasalahan baik teknis ataupun organisasi
    3. Memberi kesempatan seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki ;
    4. Mampu secara aktif melaksanakan ibadah yaumiyah dengan benar dan tertib.
    5. Meningkatkan prestasi siswa di bidang akademik dan nonakademik.
    6. Berakhlak mulia (Akhlakul Karimah).
    7. Mampu menumbuhkan budaya baca dan menulis bagi warga madrasah
    8. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.
    9. Dapat bersaing dan tidak kalah dengan para siswa dari Madrasah yang lain dalam bidang ilmu pengetahuan
    10. Berkepribadian, berpola hidup sehat, serta peduli pada lingkungan.

a.Tujuan Madrasah (Khusus)

Dengan visi dan misi yang telah ditetapkan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan, tujuan umum yang diharapkan tercapai oleh madrasah adalah:

  1. Rata-rata UN mencapai nilai minimal 7,00 ; rata-rata UAMBN – 8,00; yang diperoleh dengan cara Islami dan disiplin.
  2. Lulusan madrasah  hafal juz Amma, hafal surat-surat pilihan, dapat memimpin tahlil, dan Terampil berpidato tiga
  3. Madrasah berhasil menjadi juara dalam lomba akademik dan non akademik di tingkat Kabupaten.
  4. Peserta didik memiliki kompetensi dan konsistensi dalam mengamalkan ajaran agama Islam dengan  disiplin: salat dengan benar, tertib dan khusu’; gemar, fasih, dan tartil membaca al Qur’an, sadar beramal, dan  berakhlak mulia
  5. Peserta didik memiliki kebiasaan shalat dhuha dan salat dhuhur berjamaah.
  6. Terwujudnya perilaku dan budaya Islami di lingkungan madrasah yang Islami, disiplin dan peduli
  7. Peserta didik memiliki kedisplinan datang ke sekolah 97,5% tidak ada yang terlambat.
  8. Kegiatan pembelajaran 97,5% tepat waktu.
  9. Memiliki Tim barung pramuka tergiat,dan tim olahraga yang kompetitif di tingkat Kecamatan yang dilandasi nilai Islami, jujur, disiplin, dan peduli.
  10. 90 % warga madrasah melakukan upaya pencegahan terhadap terjadinya pencemaran, pencegahan terhadap terjadinya kerusakan dan upaya terhadap pelestarian fungsi lingkungan hidup.
  11. Peserta didik memiliki kesadaran infaq dan sedekah warga madrasah serta kegiatan sosial madrasah meningkat 100 %.
  12. Peserta hafal juz 30 (Juz Amma).
    1. Pengembangan Diri
  13. Layanan Bimbingan dan Konseling

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, Roudlotul Hamdi Rembang tentu menyediakan berbagai layanan bimbingan konseling untuk membantu perkembangan dan kesejahteraan siswa-siswa mereka. Berikut adalah empat layanan bimbingan konseling yang ditawarkan oleh Roudlotul Hamdi Rembang:

  1. Konseling Individual:

Layanan konseling individual difokuskan pada pertemuan antara seorang konselor dengan siswa secara pribadi. Tujuan dari layanan ini adalah untuk membantu siswa mengatasi masalah pribadi, akademik, atau emosional yang sedang dihadapinya. Konselor akan memberikan pendampingan, mendengarkan, dan memberikan solusi atau strategi untuk menghadapi masalah yang dihadapi siswa. Konseling individual ini juga dapat membantu siswa dalam merencanakan tujuan akademik dan karirnya serta mengembangkan keterampilan sosial dan emosional.

  1. Konseling Kelompok:

Layanan konseling kelompok melibatkan beberapa siswa dalam sesi konseling yang dipandu oleh seorang konselor. Konseling kelompok ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan aman di mana siswa dapat berbagi pengalaman, belajar dari satu sama lain, dan mendukung satu sama lain. Topik yang dibahas dalam konseling kelompok dapat beragam, seperti mengatasi stres, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, dan lain-lain.

  1. Konseling Karir:

Layanan konseling karir bertujuan untuk membantu siswa dalam merencanakan dan memilih jalur karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan mereka. Konselor akan membantu siswa dalam mengidentifikasi minat dan kemampuan mereka, memberikan informasi tentang berbagai pilihan karir, dan membantu mereka dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dalam memasuki dunia kerja. Konseling karir juga dapat mencakup penyusunan rencana pendidikan dan pengembangan keterampilan yang relevan dengan pilihan karir mereka.

  1. Konseling Orang Tua:

Layanan konseling orang tua melibatkan interaksi antara konselor dengan orang tua atau wali siswa. Tujuannya adalah untuk membantu orang tua memahami dan mendukung perkembangan anak mereka secara optimal. Konselor dapat memberikan informasi tentang tahapan perkembangan anak, memberikan strategi pengasuhan yang efektif, serta membantu orang tua dalam mengatasi masalah atau tantangan yang mungkin muncul dalam mendidik anak-anak mereka. Konseling orang tua juga bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara sekolah dan orang tua dalam mendukung kesuksesan akademik dan kesejahteraan siswa.

Layanan-layanan di atas merupakan bagian dari upaya Roudlotul Hamdi Rembang dalam membantu siswa mencapai potensi penuh mereka dan menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik. Dengan dukungan bimbingan konseling yang memadai, siswa diharapkan dapat tumbuh menjadi pribadi yang seimbang dan sukses dalam berbagai aspek kehidupan.

  1. Pembiasaan

Pembiasaan rutin di Roudlotul Hamdi Rembang merupakan bagian dari upaya madrasah untuk membentuk siswa-siswa yang berakhlakul karimah, beribadah dengan sungguh-sungguh, dan memiliki pemahaman agama yang baik. Beberapa kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah tersebut antara lain Pembacaan surat-Surat pendek dan yasin di pagi hari,Sholat Dhuha, Istighosah dan Tahfidz. Berikut adalah uraiannya:

  

  1. Pembacaan Surat-Surat Pendek dan Yasin Di Pagi Hari

Pembacaan Surat-Surat Pendek dan Yasin Di Pagi Hari adalah kegiatan membaca Surat-surat Pendek dan Yasin. Di Roudlotul Hamdi Rembang, siswa diajarkan tentang Cara membaca Al Qur’an sebagai bagian dari pendidikan agama.

  1. Sholat Dhuha:

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu antara terbitnya matahari hingga sebelum masuk waktu sholat Dzuhur. Di MI Roudlotul Hamdi Rembang, kegiatan Sholat Dhuha menjadi bagian dari rutinitas harian siswa. Tujuannya adalah untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya beribadah di waktu-waktu sunnah, serta meraih pahala dan berkah dari Allah SWT. Guru dan tenaga pendidik juga turut berperan dalam memastikan siswa mendapatkan bimbingan dan pengawasan saat melaksanakan sholat Dhuha.

  1. Istighosah:

Istighosah adalah kegiatan berdoa secara berjamaah dengan harapan mendapatkan pertolongan dan maghfirah (ampunan) dari Allah SWT. Di MI Roudlotul Hamdi Rembang, kegiatan istighosah dilaksanakan setelah sholat dhuha. Selain berdoa bersama, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antara siswa, guru, dan seluruh komunitas madrasah. Istighosah mengajarkan siswa tentang pentingnya doa dan memohon pertolongan Allah dalam setiap aspek kehidupan.

  1. Hafalan Tahfidz:

Pembacaan Hafalan Tahfidz adalah kegiatan membaca dan menghafal Surat-surat Pendek. Di Roudlotul Hamdi Rembang, siswa diajarkan tentang Cara membaca Al Qur’an sebagai bagian dari pendidikan agama. Setiap Satu Minggu Sekali , siswa diajak untuk membaca dan menghafal beberapa Surat Pendek, sehingga mereka semakin Lancar dan Hafal Surat- Surat Pendek

Pembiasaan rutin ini di Roudlotul Hamdi Rembang bertujuan untuk membentuk pribadi yang taat beribadah, berakhlakul karimah, dan memiliki pemahaman agama yang mendalam. Dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut secara rutin, diharapkan siswa-siswa menjadi generasi muslim yang berbudi pekerti luhur, bertakwa kepada Allah, dan mampu menjadi contoh bagi masyarakat sekitarnya. Selain itu, pengenalan dan pengamalan nilai-nilai agama sejak dini juga diharapkan akan membawa dampak positif dalam pembentukan karakter siswa untuk menjadi individu yang baik dan berkontribusi positif bagi bangsa dan agama.

                                                Tabel Pembiasaan       

No

Pembiasaan

Waktu Pelaksanaan

Pendekatan Metode

1

Pembacaan Surat-Surat pendek dan Yasin

Setiap Hari Sebelum Jam pelajaran di Mulai

Spontan

 

Sholat Dhuha

Setiap Hari

Spontan

2

Istighosah

1 Bulan sekali

Spontan

3

Tahfidz

1Minggu sekali

Terperogram

4

Sholat Berjamaah

Setiap Hari

Spontan

Kegiatan Pembiasaan

 Catatan:

  1. Program-program yang ditandai sebagai "Spontan" berarti dilaksanakan secara fleksibel sesuai kesempatan dan situasi yang muncul dalam kegiatan sehari-hari.
  2. Program-program yang ditandai sebagai "Terprogram" berarti telah direncanakan dan dijadwalkan sebelumnya dengan tujuan dan manfaat yang lebih spesifik.

Program pembiasaan ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa dan memberikan pengalaman belajar yang holistik di MI Roudlotul Hamdi Rembang.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profil

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco l

31/05/2024 21:23 - Oleh Admin Madraasah - Dilihat 137 kali